Segmen Dalam Negri Dulu
Sesuai tema, kali ini kita akan membahas armada Transjakarta yang ternyata beberapa jenisnya ternyata buatan anak bangsa. Untuk memperkuat pelayanan Transjakarta pada kala itu, terutama pada segmen bus gandeng atau Articulated bus.
Sesuai tema, kali ini kita akan membahas armada Transjakarta yang ternyata beberapa jenisnya ternyata buatan anak bangsa. Untuk memperkuat pelayanan Transjakarta pada kala itu, terutama pada segmen bus gandeng atau Articulated bus.
Para bus buatan Indonesia, beroperasi sebagai armada Transjakarta pada Tahun 2010, diawali dengan "Si Komo" alias Komodo AAI made in Sentul PT. Asian Auto Internasional dan yang kedua adalah Inobus ATC 320 made in Madiun yang dibuat oleh PT.INKA. Berikut adalah ulasannya:
Komodo AAI
Bus ini pertama kali diperkenalkan pada Tahun 2007 Oleh PT. Asian Auto Internasional di Halaman Istana Wakil Presiden dan mendapatkan sambutan yang cukup baik dari Bapak Jusuf Kalla (Wakil Presiden pada saat itu). Lalu pada Tahun 2010, PT. Eka Sari Lorena mempercayakan Unit ini yang dibawa untuk pengadaan Koridor 5 (Kp. Melayu - Ancol) dan akhirnya untuk pertama kali 13 unit Komodo AAI mengaspal melayani penumpang Transjakarta.
Tidak hanya Lorena saja, terdapat operator Jakarta Mega Trans (JMT) sebanyak 3 unit dan operator BMP pun menggunakan unit ini sebagai armada yang dijalankan untuk Transjakarta sebanyak 24 unit.Body yang digunakan yaitu Rahayu Santosa Evo-C Articulated.
Cerita Komodo tidak semulus yang dipikirkan, ada yang terbakar dan banyak yang storing dijalan, hingga akhirnya pada Tahun 2018 semua unit ini berakhir, namun ada yang lebih awal yaitu milik BMP (2016) dan JMT (2016)
Inobus ATC 320
Bus buatan PT.INKA, pertama kali diproduksi pada tahun 2011 dan beroperasi pada tahun 2012. Unit ini dioperatori oleh Bianglala Mentropolitan (BMP) dan DAMRI untuk memenuhi Koridor 11 dan 12 pada saat itu.
Cukup banyak cerita untuk Inobus ini, terbakar, mogok, sampai gandengan yang putus (tidak sepenuhnya putus, hanya penutup harmonica yang lepas). Untuk unit ini, pertama kali operator BMP stop operasi pada tahun 2016 dan yang terakhir adalah operator DAMRI yang berakhir pada tahun 2018 melayani Koridor 5 (Kp. Melayu - Ancol)
Sumber foto:
Komodo: https://www.facebook.com/316530272042/photos/a.411702717042/411702832042/?type=3&theater
Inobus: https://imotorium.wordpress.com/2016/01/17/sejarah-karoseri-ternama-di-indonesia-karoseri-laksana/inobus/
Sumber foto:
Komodo: https://www.facebook.com/316530272042/photos/a.411702717042/411702832042/?type=3&theater
Inobus: https://imotorium.wordpress.com/2016/01/17/sejarah-karoseri-ternama-di-indonesia-karoseri-laksana/inobus/
Comments
Post a Comment