HINO RK 8 260 {Specification}

Jet Darat Hino
Hino, sebuah salah satu perusahaan yang menjadi pemain lama pada pasar otobus di Indonesia, bahkan produk-produk busnya dapat dikatakan menguasai pasar sasis bus antar kota (Intercity bus) di Indonesia.

Untuk Bus bermesin belakang Hino pada varian RK sendiri sudah ada di Indonesia dari tahun 1988 dengan varian RK174LA dan hingga kini varian RK terbarunya RK8JSKA yang telah banyak digunakan oleh Perusahaan Bus di Indonesia. Bahkan pada semester pertama tahun 2018, produk ini masih merajai segmen bus bermesin belakang di Indonesia.

RK8JSKA R260 Legacy SR-2 HD Prime milik PO.Putera Mulya
Bus ini dikenal juga sebagai jet darat, karena akselerasinya yang luar biasa sehingga mudah berliuk-liuk ditengah kemacetan terutama pada saat menyalip (Overtake). Seringkali perusahaan otobus memodifikasi yang membuat bus ini memiliki suara seperti jet pada saat di gas dan spok-spok pada saat engine brake.

Bus ini telah dan masih digunakan dihampir semua perusahaan otobus di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dikarenakan tenaga yang cukup besar dan akselerasi yang cukup memumpuni untuk melintas membelah Pulau Jawa terutama pada jalanan dengan track lurus.

Penggunaan bus ini mulai dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Pariwisata, bahkan Bus Rapid Transit (BRT) yang dipesan oleh Kemenhub untuk armada bantuan kepada daerah yang membutuhkan.

RK8JSKA R260 City Liner BRT milik PPD untuk armada Transjakarta
Bus Bantuan KEMENHUB TA. 2016
Untuk spesifikasinya

Spesifikasi Hino RK8 R260
Hino RK8 R260
ModelR260 (J08E-UF)
TipeDiesel 4 Stroke; 6 silinder inline turbochargerintercooler
Tenaga Maks (PS/rpm)260 / 2500
Isi Silinder7684 cc
Max Torque750nm @ 1500
Standard EmisiEuro II
KoplingSingle Dry Plate, with Coil Spring
TransmisiManual 6 tingkat percepatan
Oli Mesin12,7 liter
Jarak Sumbu roda6000mm
Panjang Total11270mm
Total Lebar2440mm
Lebar Jejak Depan FR Tr2040mm
Lebar jejak Belakang RR Tr1840mm
Julur Depan FPH2200mm
Julur Belakang ROH3070mm
Ban dan Velg10.00-20-14PR dan 20X7.00T-162
TipeIntegral Power Steering
Radius Putar9.2
TipeRigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring
Rem UtamaFull Air,with Two Circuit
Rem ParkirSpring Brake
Rem MesinWith On Exhaust Pipe
GVWR14,2 ton
Tangki Solar270 Liter
Source by: https://awansan.com/2016/07/31/mengenal-bus-hino-rk8-jagoan-hino-untuk-indonesia/

Namun RK8 R260 ini memiliki kelemahan pada jalanan dengan kontur menanjak, serti kurang bertenaga dan belum memiliki teknologi yang memumpuni seperti airsuspension, retarder, cruise control, dll. Jadi bus ini masih benar-benar konvensional untuk pengendaliannya, tidak ada komputer yang menjadi otak bus.

Keuntungan bus ini adalah rasio gigi yang pendek yang membuat akselerasi bus ini cukup cepat dan sasis bus ini berjenis ladder frame yang bisa bergonta ganti baju atau bodynya dengan mudah

Untuk perawatan, Hino adalah member dari PT ASTRA INTERNATIONAL yang merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia yang memproduksi spare part dari Hino, jadi tak perlu impor untuk beberapa komponennya dan yang pastinya jaringan service nya dimana-mana.

Comments