Jet Darat Hino
Hino, sebuah salah satu perusahaan yang menjadi pemain lama pada pasar otobus di Indonesia, bahkan produk-produk busnya dapat dikatakan menguasai pasar sasis bus antar kota (Intercity bus) di Indonesia.
Untuk Bus bermesin belakang Hino pada varian RK sendiri sudah ada di Indonesia dari tahun 1988 dengan varian RK174LA dan hingga kini varian RK terbarunya RK8JSKA yang telah banyak digunakan oleh Perusahaan Bus di Indonesia. Bahkan pada semester pertama tahun 2018, produk ini masih merajai segmen bus bermesin belakang di Indonesia.
Bus ini dikenal juga sebagai jet darat, karena akselerasinya yang luar biasa sehingga mudah berliuk-liuk ditengah kemacetan terutama pada saat menyalip (Overtake). Seringkali perusahaan otobus memodifikasi yang membuat bus ini memiliki suara seperti jet pada saat di gas dan spok-spok pada saat engine brake.
Bus ini telah dan masih digunakan dihampir semua perusahaan otobus di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dikarenakan tenaga yang cukup besar dan akselerasi yang cukup memumpuni untuk melintas membelah Pulau Jawa terutama pada jalanan dengan track lurus.
Penggunaan bus ini mulai dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Pariwisata, bahkan Bus Rapid Transit (BRT) yang dipesan oleh Kemenhub untuk armada bantuan kepada daerah yang membutuhkan.
Untuk spesifikasinya
Source by: https://awansan.com/2016/07/31/mengenal-bus-hino-rk8-jagoan-hino-untuk-indonesia/
Hino, sebuah salah satu perusahaan yang menjadi pemain lama pada pasar otobus di Indonesia, bahkan produk-produk busnya dapat dikatakan menguasai pasar sasis bus antar kota (Intercity bus) di Indonesia.
Untuk Bus bermesin belakang Hino pada varian RK sendiri sudah ada di Indonesia dari tahun 1988 dengan varian RK174LA dan hingga kini varian RK terbarunya RK8JSKA yang telah banyak digunakan oleh Perusahaan Bus di Indonesia. Bahkan pada semester pertama tahun 2018, produk ini masih merajai segmen bus bermesin belakang di Indonesia.
RK8JSKA R260 Legacy SR-2 HD Prime milik PO.Putera Mulya |
Bus ini telah dan masih digunakan dihampir semua perusahaan otobus di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dikarenakan tenaga yang cukup besar dan akselerasi yang cukup memumpuni untuk melintas membelah Pulau Jawa terutama pada jalanan dengan track lurus.
Penggunaan bus ini mulai dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Pariwisata, bahkan Bus Rapid Transit (BRT) yang dipesan oleh Kemenhub untuk armada bantuan kepada daerah yang membutuhkan.
RK8JSKA R260 City Liner BRT milik PPD untuk armada Transjakarta Bus Bantuan KEMENHUB TA. 2016 |
Spesifikasi Hino RK8 R260
Hino RK8 R260 | |
Model | R260 (J08E-UF) |
Tipe | Diesel 4 Stroke; 6 silinder inline turbochargerintercooler |
Tenaga Maks (PS/rpm) | 260 / 2500 |
Isi Silinder | 7684 cc |
Max Torque | 750nm @ 1500 |
Standard Emisi | Euro II |
Kopling | Single Dry Plate, with Coil Spring |
Transmisi | Manual 6 tingkat percepatan |
Oli Mesin | 12,7 liter |
Jarak Sumbu roda | 6000mm |
Panjang Total | 11270mm |
Total Lebar | 2440mm |
Lebar Jejak Depan FR Tr | 2040mm |
Lebar jejak Belakang RR Tr | 1840mm |
Julur Depan FPH | 2200mm |
Julur Belakang ROH | 3070mm |
Ban dan Velg | 10.00-20-14PR dan 20X7.00T-162 |
Tipe | Integral Power Steering |
Radius Putar | 9.2 |
Tipe | Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring |
Rem Utama | Full Air,with Two Circuit |
Rem Parkir | Spring Brake |
Rem Mesin | With On Exhaust Pipe |
GVWR | 14,2 ton |
Tangki Solar | 270 Liter |
Namun RK8 R260 ini memiliki kelemahan pada jalanan dengan kontur menanjak, serti kurang bertenaga dan belum memiliki teknologi yang memumpuni seperti airsuspension, retarder, cruise control, dll. Jadi bus ini masih benar-benar konvensional untuk pengendaliannya, tidak ada komputer yang menjadi otak bus.
Keuntungan bus ini adalah rasio gigi yang pendek yang membuat akselerasi bus ini cukup cepat dan sasis bus ini berjenis ladder frame yang bisa bergonta ganti baju atau bodynya dengan mudah
Keuntungan bus ini adalah rasio gigi yang pendek yang membuat akselerasi bus ini cukup cepat dan sasis bus ini berjenis ladder frame yang bisa bergonta ganti baju atau bodynya dengan mudah
Untuk perawatan, Hino adalah member dari PT ASTRA INTERNATIONAL yang merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia yang memproduksi spare part dari Hino, jadi tak perlu impor untuk beberapa komponennya dan yang pastinya jaringan service nya dimana-mana.
Comments
Post a Comment