Mercedes-Benz OH 1626 {Spesification}


Membahas yang tengah laku keras
Siapa yang tidak mengenal Mercedes-Benz yang merupakan pabrikan asal Jerman? Tentu semua tau, dan sepak terjangnya di dunia perbis-an di Indonesia pun telah lama dijajaki. Dari dulu, Mercedes-Benz merajai dunia perbusan di Indonesia.

Kali ini, kita akan membahas salah satu Sasis yang dapat dikatakan paling populer yang digunakan untuk kebutuhan AKAP, AKDP, Pariwisata, maupun Bus Dalam Kota. Yaitu Mercedes-Benz OH 1626, diperkenalkan pada tahun 2012 bersamaan dengan sasis OH-1830 yang sama-sama mengusung mesin dengan standar emisi Euro 3.

Sebagai bus AKAP yang dimiliki PO. Haryanto


Untuk Mercedes-Benz OH-1830 sudah tidak dilanjuti penjualannya di Indonesia. Berbeda dengan sodaranya, sampai dengan admin menulis artikel ini, masih banyak PO yang mengandalkan OH-1626 sebagai pelari-pelarinya.

Sebagai bus Pariwisata


Keunggulan bus ini terletak pada kenyamanannya, dengan mengusung suspensi udara yang membuat kenyamanan pada sasis ini sangat maksimal, ditambah dengan bus ini menggunakan sasis modular yang dapat dipotong bagian tengahnya dan disambung dengan material besi baja yang ringan, yang memiliki dampak pada kapasitas bagasi yang sangat luas dan tidak ada penghalangnya dibagian tengah.



OH-1626 ini terdapat 2 generasi, untuk membedakannya dapat dilihat dari Dashboard dan Stir dimana generasi pertama semua ornamen Dashboard masih jarum semua sendangkan generasi ke 2 sudah terdapat layar ditengahnya dan ornamen lebih berwarna saat gelap. Untuk stir, generasi 1 masih menggunakan stir 2 palang sedangkan generasi 2 telah menggunakan stir 4 palang.

Untuk spesifikasi lengkap, sebagai berikut:
Mesin: Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Cylinder in-line, injeksi langsung dengan turbo charger dan intercooler
Bore/stroke: 102/130 mm
Kapasitas silinder : 6.374 cc
Tenaga puncak : 191 kW (260 hp)/2.200 rpm
Torsi puncak: 950 Nm/1.200-1.600 rpm
Clutch: MF 395 Single-plate dry clutches with diaphragm spring. Hydraulically operated shift
Gear ratio: 6.70/3.81/2.29/1.48/1.00/0.73 R : 6.29
Top speed: 120 km/h
Daya tanjak: 43 persen
Axle depan: VL 3/8 D-6.5
Beban maks. axle depan: 5.500 kg
Axle belakang: HH 4/08 D-10.5
Gear ratio: 5,22:1 (47:9)
Beban maks. axle belakang: 10.500 kg
Steering: Power Steering ZF 8097
Roda: 8.25 X 22.5 PR 16 & 11.00 R 22.5
Elektrikal: 24 Volt
Alternator: 28 V/80 A
Baterai: 2x150Ah, 12V
Kapasitas tangki bahan bakar: 300 liter
Panjang sasis (sebelum dikaroseri): 8,776 meter
Radius putar: 9.440
Berat sasis 4.900 kg
Payload 16.000 kg

Sumber Spesifikasi: https://bus-truck.id/bus/bus-mercedes-benz-oh-1626-kini-hadir-dalam-transmisi-matik/8432
Sumber Foto:
mobilkomersial.com
tribunnews.com
komunitas Fotografi Bus Ibukota
https://www.youtube.com/channel/UCkWmSX_IgDjHGfoL7Nvy6Vg

Comments