Pesaing ketat Hino RK 8 R260
Mercedes-Benz OH 1526 adalah pesaing ketat Hino RK 8 R260 pada segmen pasar bus 260 HP Ladder Frame Chasis, sama-sama merajai pasar bus pada segmen 260 HP di Indonesia terutama di Pulau Sumatera, entah mengapa hino kurang di gandrungi perusahaan otobus di Sumatera.
Bus ini digunakan untuk bus AKDP, AKAP, Pariwisata, bahkan Bus Rapid Transit (BRT) oleh PT. Transportasi Jakarta.
Mercedes-Benz OH-1526 OG New Travego milik PO Pahala Kencana |
Sasis ini pertama kali datang pada tahun 2010 sebagai penerus generasi sebelumnya yaitu Mercedes-Benz OH 1525. Banyak perubahan terutama pada fitur-fitur pada bus ini seperti speedometer digital, suspensi lebih epuk, hingga manajemen mesin yang baru.
Mercedes-Benz OH 1526 OG Travego milik PO Tunggal Dara |
Sasis Mercedes-Benz OH 1526 terdapat 2 generasi, Mercedes-benz OH 1526 Old Generation (2010) dan OH 1526 New Generation (2017), namun untuk spesifikasi mesin masih sama hanya penabahan dan perbaikan fitur dari pendahulunya.
Mercedes-Benz OH 1526 NG Velocity milik PT. Transportasi Jakarta |
Perbedaan yang paling mencolok terletak pada steering wheel, steering wheel 1526 OG terdapat 2 palang sedangkan 1526 NG memiliki 4 palang. 1526 NG memiliki suspensi yang katanya lebih empuk dibanding OG, untuk perbedaan yang lainnya admin belum mengetahui pasti.
MB 1526 OG |
MB 1526 NG |
Untuk spesifikasi bus ini:
Mesin
|
Mercedes Benz OM 906 LA Euro III Diesel, 6 silinder segaris, injeksi langsung dengan turbo charger dan intercooler.
|
Diameter/langkah
|
102/130mm
|
Total isi silinder
|
6374 cc
|
Daya maks
|
194kW (260PS)/ 2200 rpm
|
Torsi maks
|
950Nm/ 1200-1600 rpm
|
Kopling
|
MF395, plat kering tunggal, pegas diaprahma digerakan secara hidraulis
|
Transmisi
|
G85-6 Manual, 6 kecepatan maju
|
Perbandingan gigi
|
6.70/3.81/ 2.29/ 1.48/ 1.00/ 0.73
R : 6.29
|
Kecepatan maks
|
120km/jam
|
Kemampuan tanjak
|
35%
|
Gandar depan
Kapasitas
|
VL 3/7 D-5
5000kg
|
Gandar belakang
Perbandingan gigi
Kapasitas
|
HH4/08 D-10,5
5.22 (47:9)
10000kg
|
Suspensi:
Depan
Belakang
|
Pegas daun trapesoidal dengan peredam kejut dan stabilizer
Pegas daun trapesoidal dengan peredam kejut dan stabilizer
|
Rem utama
|
Rem tromol, dua jalur-udara tekanan penuh
|
Rem parkir
|
Pegas, kendali udara tekan pada gandar belakang
|
Rem mesin
|
Gas buang, kendali udara tekan
|
Kemudi
|
Power Streering ZF 8097
|
Ban & Pelek
|
8.25 x 22.5 & 11.00 R 22.5
|
Kelistrikan
Sistem
Alternator
Baterai
|
24 Volt
28V/ 80 A
2 x 150Ah, 12V
|
Kapasitas tangki BBM
|
300 liter
|
Jarak sumbu roda
|
5950 mm
|
Julur depan
|
2200 mm
|
Julur belakang
|
3350 mm
|
Panjang total
|
11500 mm
|
Lebar keseluruhan
|
2498 mm
|
Jarak pijak roda depan
|
1961 mm
|
Jarak pijak roda belakang
|
1882 mm
|
Radius putar
|
9.440 mm
|
Berat kotor kendaraan (GVW)
|
15000 kg
|
Comments
Post a Comment