ANKAI HFF6180G02D {Specification}


Kali ini kita akan membahas salah satu Bus rakitan Tiongkok yang telah beroperasi lagi setelah tidur panjangnya selama 2 Tahun yang diakibatkan Tragedi Kebakaran Bus di Halte Cawang.

ANKAI HFF6180G02D, sulit mengingatnya? Ya sama dengan admin, harus googling dahulu sebelum membuat nama artikel ini. ANKAI sendiri adalah perusahaan manufacturing yang berasal dari tingkok yang pengkonsentrasiannya pada manufacturing Bus.

Bus ini tiba dijakarta dengan pada tahun 2014 tepatnya pada bulan November sebanyak 60 unit, untuk batch 1 nomor lambung TJ-0031 sampai dengan TJ-0060, sedangkan Batch 2 nomor lambung TJ-0061 sampai dengan TJ-0090. Namun pada bus pengiriman ke dua (Batch 2) mengalami insiden saat pengiriman sehingga ketika tiba di Jakarta bus dalam keadaan berkarat yang dikarenakan terkena air lau saat pengiriman (Pengiriman CBU body + Chassis).

Pada tahun 2016 bus ini mengalami tragedi yang membuat bus ini harus tidur Panjang, hingga pada akhirnya kabar mengejutkan Pada tanggal 18 Oktober 2018 kemarin bahwa ANKAI HFF6180G02D kembali beroperasi walaupun baru beberapa untuk koridor 3.

Ankai HFF6180G02D Photo by Andriansyah Yasin

Berikut Spesifikasi Bus ANKAI HFF6180G02D:

·         Merek/Model : Ankai HFF6180G02D
·         Mesin : Weichai Power WP12NG380E40 (380 TK, 1500 Nm, 11.596 cc, Euro 4
·         Body/Karoseri : CBU Ankai HFF6180G02D by Anhui Ankai Automobile Co. Ltd
·         Mulai Beroperasi : 22 Januari 2014 (Kembali Beroperasi: 18 Oktober 2018)
·         Bahan Bakar : Compressed Natural Gas (CNG) / Gas Natural Terkompresi
·         Nomor Lambung : TJ-0031~TJ-0060 (Batch pertama, TJ-0054 Terbakar), TJ-0061~TJ-0090 (Batch kedua)
·         A/C : Spheros.
·         Transmisi : ZF Ecolife 6AP1700B Automatic.
·         Catatan : Armada Batch II Tidak Beroperasi terkait bus berkarat selama pengiriman
·         Panjang Bus : 18 m
·         Kapasitas : 140 orang (40 duduk dan 100 berdiri), ditambah satu ruang kursi roda di dekan pintu depan sebelah kanan.

Source FBBusway Fans Club

Bus ini memiliki kelebihan dibanding armada Transjakarta yang lain, memiliki Horse Power yang lebih tinggi daripada Volvo B11R 370 namun lebih rendah daripada Mercedes-Benz OC500RF 2542 yaitu 380 HP, sangat bertenaga bukan? Bahkan angka ini sanat jauh jika dibanding dengan Scania K320IA dan Scania K340IA yang masing-masing memiliki 320 HP dan 340 HP.

Untuk fitur-fitur yang terdapat pada unit ini dan first impression setelah bus ini tertidur selama 2 tahun akan dilanjutkan di artikel selanjutnya

Comments