Kali ini kita akan membahas salah satu Bus rakitan Tiongkok
yang telah beroperasi lagi setelah tidur panjangnya selama 2 Tahun yang
diakibatkan Tragedi Kebakaran Bus di Halte Cawang.
ANKAI HFF6180G02D, sulit mengingatnya? Ya sama dengan admin,
harus googling dahulu sebelum membuat nama artikel ini. ANKAI sendiri adalah
perusahaan manufacturing yang berasal dari tingkok yang pengkonsentrasiannya
pada manufacturing Bus.
Bus ini tiba dijakarta dengan pada tahun 2014 tepatnya pada bulan
November sebanyak 60 unit, untuk batch 1 nomor lambung TJ-0031 sampai dengan
TJ-0060, sedangkan Batch 2 nomor lambung TJ-0061 sampai dengan TJ-0090. Namun
pada bus pengiriman ke dua (Batch 2) mengalami insiden saat pengiriman sehingga
ketika tiba di Jakarta bus dalam keadaan berkarat yang dikarenakan terkena air
lau saat pengiriman (Pengiriman CBU body + Chassis).
Pada tahun 2016 bus ini mengalami tragedi yang membuat bus
ini harus tidur Panjang, hingga pada akhirnya kabar mengejutkan Pada tanggal 18
Oktober 2018 kemarin bahwa ANKAI HFF6180G02D kembali beroperasi walaupun baru
beberapa untuk koridor 3.
Ankai HFF6180G02D Photo by Andriansyah Yasin
Berikut Spesifikasi Bus ANKAI HFF6180G02D:
·
Merek/Model : Ankai HFF6180G02D
·
Mesin : Weichai Power WP12NG380E40 (380 TK, 1500 Nm,
11.596 cc, Euro 4
·
Body/Karoseri : CBU Ankai HFF6180G02D by Anhui Ankai
Automobile Co. Ltd
·
Mulai Beroperasi : 22 Januari 2014 (Kembali
Beroperasi: 18 Oktober 2018)
·
Bahan Bakar : Compressed Natural Gas (CNG) / Gas
Natural Terkompresi
·
Nomor Lambung : TJ-0031~TJ-0060 (Batch pertama,
TJ-0054 Terbakar), TJ-0061~TJ-0090 (Batch kedua)
·
A/C : Spheros.
·
Transmisi : ZF Ecolife 6AP1700B Automatic.
·
Catatan : Armada Batch II Tidak Beroperasi terkait bus
berkarat selama pengiriman
·
Panjang Bus : 18 m
·
Kapasitas : 140 orang (40 duduk dan 100 berdiri),
ditambah satu ruang kursi roda di dekan pintu depan sebelah kanan.
Source FB : Busway Fans Club
Bus ini memiliki kelebihan dibanding armada Transjakarta
yang lain, memiliki Horse Power yang lebih tinggi daripada Volvo B11R 370 namun
lebih rendah daripada Mercedes-Benz OC500RF 2542 yaitu 380 HP, sangat bertenaga
bukan? Bahkan angka ini sanat jauh jika dibanding dengan Scania K320IA dan
Scania K340IA yang masing-masing memiliki 320 HP dan 340 HP.
Untuk fitur-fitur yang terdapat pada unit ini dan first
impression setelah bus ini tertidur selama 2 tahun akan dilanjutkan di artikel selanjutnya
Comments
Post a Comment