Transjakarta Volvo B11R 370 Cityline 2 by Laksana Karoseri Operator PT. Steady Safe { Experience & Review -5}



Mari bahas rasanya menaiki bus bersasis volvo B11R 370 ini
Admin menaiki bus ini pertama kali saat GIICOMVEC 2017 di JCC Senayan dengan posisi bus tidak bergerak alias diam karena sedang menjadi display PT. INDOTRUCK UTAMA untuk memperkenalkan sasis volvo ke para pebisnis otobus Indonesia sebagai salah satu pilihan sasis premium untuk memperkuat armada para pengusaha otobus Indonesia.

Saat beroperasinya, admin pertama kali mencoba bus ini pada koridor 11 yaitu Kampung Melayu - Terminal Pulogebang dan menadapatkan nomor lambung SAF-013 yang sepertnya pernah menjadi display saat GIICOMVEC karena adanya stiker-stiker yang terdapat di beberapa bagian bus.



First Impression pada bus ini jelas pada merk nya yaitu Volvo, siapa yang tidak tahu volvo, sebuah perusahan yang menjual sarana transportasi seperti mobil, bus, truck, dan alat berat. Namun tidak hanya itu, volvo juga menjual kenyamanan dan keamanan berkendara, dapat dilihat beberapa fitur yang disematkan pada setiap produk kendaraan yang diciptakannya.

Untuk body so far tidak ada yang berkesan, semua sama dengan bus-bus transjakarta yang lainnya, hanya perbedaannya pada pemasangan Display LED yang diletakan diatas (Bukan dibawah seperti Scania K310IB Maxi) dan suara serta getaran mesin sangat terasa pada bagian dalam terutama bagian belakang (Masih lebih bagus K310IB maxi nya karena suara mesin ngga terlalu masuk).

Namun itu tidak mengganggu untuk saya, karena volvo suaranya yang greg...greg...greg... dan jika menempelkan bagian kepala ke kaca, akan sangat terasa getarannya membuat kesan tersendiri bagi saya, karena first time naik bus volvo. Oh ya, build quality pada bus yang saya tumpangi saat itu cukup baik meskipun terdapat beberapa panel yang bergetar saat bus melewati jalan yang jelek

Interior bus ini tidak jauh dengan bus yang lain, bangku yang menghadap kedepan, kursi khusus, dan sandaran pengguna kursi roda. Announcer menyala dan dispay berfungsi dengan sangat baik. terdapat monitor (sepertinya untuk advertisement) yang tidak menyala, 4 palu pemecah kaca, 1 buah APAR, seatbelt pada beberapa bangku, dan ac yang sejuk.



Perpindahan transmisi pada bus ini  sangatlah halus, tidak ada jambakan kebelakang yang membuat penumpang berpotensi terjungkal. Airsuspension bus ini empuk namun tidak terlalu empuk yang dapat menyebabkan bus mengalami limbung berlebih saat berbelok. Oh ya, mengenai berbelok, bus ini adalah bus 3 axle yang seharusnya axle 1 dan 3 berbelok, namun pada bus ini sepertinya di lock agar tidak berbelok, jadi yang belakang tidak berbelok dan menurut saya agak sedikit membutuhkan effort untuk membelokan bus ini pada sudut yang sempit.

Suara klaksonnya bagi saya unik, hino RK 8 yang cempreng, scania gahar, dan volvo yang aneh, yaa mungkin karena saya pertama kali mendengar suara klakson volvo. Wheel dop nya masih ori volvo lhoo, depan, tengah, dan belakang.

Comments