Transjakarta Inobus ATC 320 Body Cityline by Laksana Karoseri Operator DAMRI K11 { Experience & Review -5}
Bus buatan anak bangsa nih
Diperkenalkan pada tahun 2012 oleh PT. INKA kepada Pemprov
DKI Jakarta, dibuat untuk memenuhi kebutuhan Transjakarta. Untuk pengoperasian
sendiri, bus ini dimiliki oleh operator BMP dan DAMRI
Untuk spesifikasi bisa dilihat pada link dibawah ini.
First impression saya pada saat menaiki bus ini adalah pada
bagian mukanya, karena yang pertama kali saya coba bus ini dibalut body
cityline generasi pertama dari laksana. Bentuknya tampan dan aerodinamis,
karena tidak terlalu kotak seperti adiknya yaitu cityline 2.
Untuk AC bus ini menggunakan merk Songz dari Tiongkok,
tetapi entah spesifikasi acnya sama atau berbeda dengan unit Zhongtong, karena
lebih dingin Zhongtong.
Untuk suspensi, bus ini sudah menggunakan air suspensi atau
suspense udara tetapi saya belum pernah nelihat sispensi dinaik-turunkan dari
kokpit. Untuk kekerasan suspensinya, cukup keras.
Kekedapan kabin, mungkin karena saya mencoba bus ini setelah
5 tahunnya bertugas, suara raungan mesin sangat sangat sangat terdengar, suara
kendaraan dari luar pun sama meskipun samar-samar.
Untuk interior, cukup terawat dan tidak berisik. Tidak
seperti armada baru lainnya yang sangat berisik. Tetapi sdikit koreksi untuk
proses buka-tutup pintu yang sangat berisik, mungkin tekanan hidrolik yang
berlebihan jadi pas membuka atau menutup terdengar suara pesshhhhhh… brakkkk…
Perpindahan transmisi sangat halus dan tidak terasa. Suara
klakson bus ini gahar, ntah apa merknya. Untuk pengereman bus ini sangat
berisik, seperti kampas rem habis.
Comments
Post a Comment