Transjakarta Inobus ATC 320 Body Cityline by Laksana Karoseri Operator DAMRI K11 { Experience & Review -5}



Bus buatan anak bangsa nih


Diperkenalkan pada tahun 2012 oleh PT. INKA kepada Pemprov DKI Jakarta, dibuat untuk memenuhi kebutuhan Transjakarta. Untuk pengoperasian sendiri, bus ini dimiliki oleh operator BMP dan DAMRI
Untuk spesifikasi bisa dilihat pada link dibawah ini.

First impression saya pada saat menaiki bus ini adalah pada bagian mukanya, karena yang pertama kali saya coba bus ini dibalut body cityline generasi pertama dari laksana. Bentuknya tampan dan aerodinamis, karena tidak terlalu kotak seperti adiknya yaitu cityline 2.

Untuk AC bus ini menggunakan merk Songz dari Tiongkok, tetapi entah spesifikasi acnya sama atau berbeda dengan unit Zhongtong, karena lebih dingin Zhongtong.

Untuk suspensi, bus ini sudah menggunakan air suspensi atau suspense udara tetapi saya belum pernah nelihat sispensi dinaik-turunkan dari kokpit. Untuk kekerasan suspensinya, cukup keras.

Kekedapan kabin, mungkin karena saya mencoba bus ini setelah 5 tahunnya bertugas, suara raungan mesin sangat sangat sangat terdengar, suara kendaraan dari luar pun sama meskipun samar-samar.

Untuk interior, cukup terawat dan tidak berisik. Tidak seperti armada baru lainnya yang sangat berisik. Tetapi sdikit koreksi untuk proses buka-tutup pintu yang sangat berisik, mungkin tekanan hidrolik yang berlebihan jadi pas membuka atau menutup terdengar suara pesshhhhhh… brakkkk…

Perpindahan transmisi sangat halus dan tidak terasa. Suara klakson bus ini gahar, ntah apa merknya. Untuk pengereman bus ini sangat berisik, seperti kampas rem habis.

Comments