Kemarin eropa-an, sekarang asia-an dulu
Ya Zhongtong LCK6180GC, armada yang didatangkan CBU dari Zhongtong Bus Holding co. ltd yang berasal dari Tiongkok pertama kali dipesan oleh Perum DAMRI untuk divisi Transjakarta / Busway pada tahun 2013, lalu PT. Transportasi Jakarta, dan diakhiri oleh perum PPD.
Untuk kepemilikannya sendiri di Indonesia:
- Perum DAMRI memiliki 66 unit Zhongtong generasi pertama
- PT. Transportasi Jakarta 30 unit Zhongtong generasi ke dua
- Dan Perum PPD yang memiliki 60 unit Zhongtong generasi ke tiga
Generasi ini saya bedakan karena masing-masing bus tsb memiliki
perbedaan, seperti fentilasi pada Zhongtong milik PT.Transportasi Jakarta yang
tidak ada pada Zhongtong milik Perum DAMRI dan spion elektrik yang ada pada Zhongtong
Perum PPD tidak ada pada Zhongtong milik PT. Transportasi Jakarta dan Perum
DAMRI
Armada tiongkok ini merupakan satu-satu nya armada yang hingga
hari ini masih di andalkan untuk mengantarkan para penumpang Transjakarta untuk
tiba sampai tujuan. Terutama pada koridor 1, 8, dan 9.
Untuk spesifikasi
Length-widht-heigth (mm) : 17.990x2.540x3.260
Max.Weight (kg) : 28.000
Rated Seating Capacity (persons) : 175
Max.speed (km/h) : 80
Model : WP12.336N/YC6L330-30/ISLE +300B
Manufacturer : Weichai /
Yuchai / Cummins
Max. Power Capacity (KW) : 247/243/221
Torque : 1600/1280/1250
Chassis :
Standar Configuration
Gear Box :
VOITH AMT
Front and rea Axle : Air
Suspension(Front 2, Middle,4, Rear,4, airbags)
Brake : Dual-Circuit Brake, Complete Drum Brake
Tire : 275/70R22.5
Bus ini di negara asalnya merupakan bus dengan sasis rendah atau low entry bus, namun karena kebutuhan untuk Transjakarta dengan halte yang cukup tinggi maka dibuatlah versi tingginya khusus untuk Transjakarta.
Comments
Post a Comment