ZHONGTONG LCK6180GC {Specification}


Kemarin eropa-an, sekarang asia-an dulu

Ya Zhongtong LCK6180GC, armada yang didatangkan CBU dari Zhongtong Bus Holding co. ltd yang berasal dari Tiongkok pertama kali dipesan oleh Perum DAMRI untuk divisi Transjakarta / Busway pada tahun 2013, lalu PT. Transportasi Jakarta, dan diakhiri oleh perum PPD.




Untuk kepemilikannya sendiri di Indonesia:
  1. Perum DAMRI memiliki 66 unit Zhongtong generasi pertama
  2. PT. Transportasi Jakarta 30 unit Zhongtong generasi ke dua
  3. Dan Perum PPD yang memiliki 60 unit Zhongtong generasi ke tiga
Generasi ini saya bedakan karena masing-masing bus tsb memiliki perbedaan, seperti fentilasi pada Zhongtong milik PT.Transportasi Jakarta yang tidak ada pada Zhongtong milik Perum DAMRI dan spion elektrik yang ada pada Zhongtong Perum PPD tidak ada pada Zhongtong milik PT. Transportasi Jakarta dan Perum DAMRI

Armada tiongkok ini merupakan satu-satu nya armada yang hingga hari ini masih di andalkan untuk mengantarkan para penumpang Transjakarta untuk tiba sampai tujuan. Terutama pada koridor 1, 8, dan 9.

Untuk spesifikasi

Length-widht-heigth (mm)                : 17.990x2.540x3.260
Max.Weight (kg)                               : 28.000
Rated Seating Capacity (persons)     : 175 
Max.speed (km/h)                             : 80
Model                                                : WP12.336N/YC6L330-30/ISLE +300B   
Manufacturer                                     : Weichai / Yuchai / Cummins
Max. Power Capacity (KW)             : 247/243/221
Torque                                               : 1600/1280/1250
Chassis                                              : Standar Configuration
Gear Box                                           : VOITH AMT
Front and rea Axle                            : Air Suspension(Front 2, Middle,4, Rear,4, airbags)
Brake                                                 : Dual-Circuit Brake, Complete Drum Brake
Tire                                                    : 275/70R22.5

Bus ini di negara asalnya merupakan bus dengan sasis rendah atau low entry bus, namun karena kebutuhan untuk Transjakarta dengan halte yang cukup tinggi maka dibuatlah versi tingginya khusus untuk Transjakarta.

Comments