Mari bahas pesaing Scania K250UB di Indonesia
Mercedes-Benz
O500U 1726 pertama kali di datangkan dan diperkenalkan pada tahun 2015 oleh PT.
Gapura Angkasa untuk memenuhi kebutuhan bus apron di Indonesia, tetapi entah
berapa jumlah yang mereka beli. Lalu pada tahun 2017, PT. Transportasi Jakarta
memesan kembali unit ini dengan jumlah yang cukup banyak.
Berbeda dengan Scania K250UB (Saingannya bus ini) yang
didatangkan langsung dari negeri asalnya (Swedia). Bus ini tidak didatangkan
dari german, namun bus ini didatangkan langsung dari Brazil dikarenakan basis
produksi bus Mercedes-Benz yang berada disana.
Untuk
spesifikasi bisa dilihat disini:
Engine
|
||
Make
|
Mercedes-Benz OM 906
LA
|
|
Model configuration
|
Diesel – 6 in-line
cylinders
|
|
Capacity
|
6 374 cm³
|
|
Maximum power
|
191kW @ 2 300 r/min
|
|
Maximum torque
|
900 Nm @ 1 200 – 1
500 r/min
|
|
Gearbox
|
||
Model
|
6 HP 502
|
DIWA Auto with
integrated retarder
|
Number of gears
|
6
|
4
|
High and low ratios
|
3.43 / 0.59
|
5.9 / 0.73
|
Manual or automatic
|
with integrated
retarder
|
Synchromesh
|
Rear axle ratio
|
4.1:7
|
4.1:7
|
Clutch
|
||
Type
|
MF 395
|
|
Brakes
|
||
Service brake
|
10 bar dual circuit
full air
|
|
Parking brake
|
spring loaded rear
brake chambers
|
|
Integrated retarder
|
–
|
|
Suspension
|
||
Front
|
Front 2 air bellows
with elastic knockers
|
|
Rear
|
Front 2 air bellows
with elastic knockers Rear 4 air bellows with internal auxilary knockers, 2
longitudinal bars, 2 oblique bars & 2 levelling valves
|
|
Shock absorbers
|
4 telescopic shock
absorbers
|
|
Steering
|
||
Type
|
ZF8097
|
|
Electrical System
|
||
System voltage
|
24 V
|
|
Battery
|
2/12 V/135 Ah
|
|
Alternator
|
28 V / 80 A.h
|
|
Wheels
|
||
Tyres
|
295/80R22.5
|
|
Rims
|
8.25×22.5
|
|
Mass Data
|
||
Manufacturer’s gross
vehicle mass
|
18 500 kg
|
|
Manufacturer’s gross
combination mass
|
18 500 kg
|
|
Permissable maximum
front axle mass
|
7 000 kg
|
|
Permissable maximum
rear axle mass
|
10 200 kg
|
|
Permissable maximum
vehicle mass
|
17 200 kg
|
|
Wheels
|
||
Tyres
|
295/80R22.5
|
|
Rims
|
8.25×22.5
|
|
Mass Data
|
||
Manufacturer’s gross
vehicle mass
|
18 500 kg
|
|
Manufacturer’s gross
combination mass
|
18 500 kg
|
|
Permissable maximum
front axle mass
|
7 000 kg
|
|
Permissable maximum
rear axle mass
|
10 200 kg
|
|
Permissable maximum
vehicle mass
|
17 200 kg
|
|
Dimensions (chassis
only)
|
||
Overall length
|
–
|
|
Overall width
|
–
|
|
Front overhang
|
–
|
|
Rear overhang
|
–
|
|
Wheelbase
|
–
|
|
Turning radios
|
–
|
|
Fuel Tank
|
||
Capacity
|
300 litres
|
Dimensi
bus ini adalah lebar 2,5 meter, panjang 12 meter dan tinggi sekitar 3,5 meter,
mesin menggunakan Diesel Turbo Intercooler OM 906 LA enam silinder 6.374 cc.
mesin tipe OM 906 LA memiliki karakter yang efesien di kelasnya. Torsi yang
besar dalam putaran mesin yang rendah di kisaran 1200 – 1600 rpm, torsi
maksimum yang bisa dihasilkan 950Nm. Dan tenaga maksimum mesin 270 hp bisa
dicapai pada putaran 2000 rpm, Bus juga dilengkapi dengan retarder dalam sistem
pengereman yang terintegrasi dengan transmisi otomatis ZF Ecolife.
Sasis ini diperuntukan untuk rute bis dalam kota,
dikarenakan sasis yang memiliki ground clearance cukup rendah bahkan hanya
setinggi trotoar pada umumnya di jalan kota.
Comments
Post a Comment